Perkembangan Teknologi Hardware

Ciri-ciri Aplikasi Software

Image result for gambar system

Software yang baik di butuhkan beberapa faktor yang dibutuhkan untuk bahan mengembangkan, yaitu:

Mudah digunakan, Software yang dibuat mempunyai sifat “Easy to Use” yakni mudah digunakan, sehingga tidak membutuhkan proses yang lama untuk seorang user dalam mempelajarinya.

Penampilan yang baik, Software yang dibuat harus memiliki Antar Muka/Interface yang menarik,sehigga user tidak merasa jenuh.

Reability, Kehandalan sejauh mana suatu software dapat diharapkan untuk melakukan fungsinya sesuai dengan ketelitian yang diperlukan

Mampu beradaptasi, Sejauh mana software yang dibuat mampu beradaptasi dengan perubahan –perubahan teknologi yang ada.

Interopability, Software yang dibuat haruslah mampu berinteraksi dengan aplikasi yang lain. Biasanya dapat dilihat dari adanya fasilitas Export/ Import data dari aplikasi yang lain.

Mobility, Software yang dibuat dapat berjalan pada bermacam-macam Sistem Operasi.

High Performance, Software yang di buat mempunyai performance yang tinggi,walaupun digunakan oleh beberapa user.

Mobile Friendy, Software yang baik dibuat tidak hanya dapat di akses oleh komputer, tapi bisa juga di akses di mobile atau smartphone.

Perbedaan System Software dan Aplikasi Software

Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

Contoh Sistem Operasi Komputer yaitu : Windows, Linux, McOs, MSDOS, Android, IOS, Unix, AIX, Dll.

Software Aplikasi

Software aplikasi atau software aplikasi adalah software program yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.  Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Namun, dalam arti sempit sistem operasi dan software bisa diartikan sebagai berikut :

Software adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Contoh software adalah aplikasi, sistem operasi

Software aplikasi terdiri dari :

  1. Bahasa pemrograman (Pascal, C, C++, Phyton, Java Script, Html, Dll)
  2. Program aplikasi (Magento, Free Pascal Ide, Java)
  3. Program paket / paket aplikasi (packet program)
  4. Program utilitas (utility program)
  5. Games dan entertainment dan lain-lain

Penggunaan Lisensi Penggunaan SoftWare

Lisensi Software adalah hak eksklusif pembuat atau pemilik software atas izin, hak dan pembatasan untuk perangkat lunaknya. Sehingga software dapat digunakan, disebarluaskan, diperbanyak atau diubah oleh pihak lain dengan berpedoman pada peraturan yang tercantum pada lisensi software tersebut.

Ada beberapa macam lisensi software yang dikenal luas saat ini. Lisensi-lisensi software tersebut memiliki peraturan yang berbeda-beda.

    1. Proprietary Software adalah software berpemilik, sehingga seseorang harus meminta izin atau dapat dilarang untuk mengedarkan, menggunakan atau memodifikasi software tersebut.
    2. Commercial software adalah software yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan dengan konsep bisnis, dibutuhkan proses pembelian atau sewa untuk bisa menggunakan software tersebut.
    3. Public Domain adalah software yang tidak memiliki hak cipta.
    4. Freeware adalah software yang diizinkan untuk digunakan atau disebarluaskan namun tidak memiliki izin untuk dimodifikasi.
    5. Shareware adalah software yang diizinkan untuk didistribusikan salinannya, jika softwarenya digunakan terus menerus maka si pemilik software meminta bayaran untuk lisensinya.
    6. GNU General Public License (GNU/GPL) adalah suatu kumpulan ketentuan pendistribusian software untuk meng-copyleft-kannya. GPL memberikan izin kepada pengguna software untuk menggunakan, memodifikasi dengan syarat memiliki lisensi yang sama.
    7. Open Source adalah software yang dapat dilihat kode sumbernya. perlu diketahui software open source bukan berarti software gratis.
    8. Copyleft adalah pelesetan dari copyright atau hak cipta.

 

 

Sumber:

https://phpmu.com/

http://chairullusy.blogspot.com/

http://muhammadfajarsaputro.blogspot.com

Print Friendly, PDF & Email